STRATEGI PEMASARAN BUKU

Kelas KBMN 28 yang ke 20 pada hari Rabu, tanggal 22 Februari 2023 menghadirkan narasumber Bapak Agus Subardono, S.E, M.M dan moderator Ibu Purbaniasita KS, S.Pd.



Sekilas tentang Narasumber

💖Narasumber hebat dengan segudang pengalaman dalam penerbitan buku,  

💖Beliau adalah seorang Direktur dan Marketing penerbit ANDI
💖Selama 18 tahun 2 bulan beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan 📖✍️
💖Pernah Menjadi Dosen Tidak Tetap selama 4 Th di STIE Wiyata Mandala  Jakarta
💖Riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2 Manajemen Pemasaran sebagai bukti keprofesionalan beliau

Beliau bernama Bapak Agust. Subardana  S. E., M. M atau biasa dipanggil bapak Agus 📚


BUKU SEBAGAI SUMBER ILMU💦

    Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 

    Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

    Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. 

    STRATEGI PEMASARAN BUKU💦

Apa itu strategi pemasaran? Pengertian strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. 

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

    Dari jenis – jenis kategori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.


A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

💘Pemasaran buku lewat Online 

Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana - mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.

Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.

  1. Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
  2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
  3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
  4. Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. 
  5. Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
  6. Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
  7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
  8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
  9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

  • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
  • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  • Menaikkan penjualan dan profit 
  • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
  • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
  • Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll


B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1. Toko Buku 

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. 

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
  • Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
  • Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut
Promo Diplay Buku di Toko

Promo Discount

Contoh Display Buku yang menarik


2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
  • Kunjungan langsung ke tiap sekolah 
  • Kunjungan langsung ke setiap kampus 
  • Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
  • Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3.  Melakukan Event – Event 
Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.


Sesi Tanya Jawab :

P1 

Endang Ratna Juwita

Asal Bogor.

pertanyaan:

1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?

2.Jenis buku seperti apa  yang banyak peminatnya?

3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?

Terima kasih Pak🙏

Jawab :

1.Apa yang harus kita lskukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?

  1. menyiapkan matei promosi brosur dan leafle
  2. mengadakan program online
  3. penetrasi pasar secara massive online dan offline secara serempak
  4. mengajukan sebagai produk unggulan / update selling ke Toko Buku dimana buku tesbut untuk remaja, umum, dan luas
2.Jenis buku seperti apa  yang banyak peminatnya?

Jenis buku umum : novel, fiksi, pengembangan diri, motivasi dan tentang cerita dan buku anak. hal yang tepenting adalah persdiaan stok dan display yang menarik, karena untuk jenisbuku anak walupun tipis namun orang tua jika anak kepingin beli pasti dibelikan, dan juga tentang buku religi/agama terutama muslim

3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?

ketebalan tidak bepengaruh significan, dan isi yang sangat berpengaruh dan juga harga.


P2 

Saya evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya. 

Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang? Salam

Jawab :

  1. harus bisa memetakan peristiwa - peristiwa yang sdang viral atau ngetrend
  2. aktif di website, sediakan website untuk berdiskusi antar penulis dan pembaca
  3. aktif di media sosial 
  4. judul konten menarik
  5. gunakan gambar dan video
konten yang dimiliki : harus paham sasaran pasar  


P3

Bunda Mahyla dari Malang

Mohon ijin bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli buku kita. Terima kasih 🙏🏻

Jawab :

fokus untuk memberikan motivasi dan pencerahan komunitasyang kita temui. berkan inspirasi yang menari dan minta waktu untuk memaparkan buku dengan keungguna yang di tulis. buku untu pkk : untuk kesehatan wanita dan lansia , yaitu sesuai dengan kebutuhan


P4

Ijin bertanya mba sita dan Pak Agus. 

Saya Dewi dari Seruyan Kalteng. 

1. Saya sudah menulis beberapa buku baik solo dan antalogi, dan semuanya masih dalam tahap untuk konsumsi pribadi, jadi untuk memasarkan buku kita tersebut saya masih belum merasa pede karena adanya ketakutan dalam diri akan karya kita yang mungkin rasanya masih banyak kekurangan, bagaimana mengatasi hal tersebut? 

2. Kemudian bagaimana cara kita bisa menumbuhkan minat orang lain agar bisa tertarik dg buku kita karena masih kurangnya literasi masyarakat akan pentingnya membaca buku ditambah sekarang media online lebih banyak digemari daripada buku cetak. 

Jawab :

1. Jangan ada rasa khawatir dan takut, apabila punya naskah setorkan ke salah satu penerbit.

2. Masuklah ke media online dan menulislah dalam bentuk buku digital misal indpustaka plus yang masuk kesetiap sekolah


P5

Ass...

nama : eka hy asal padang  pertanyaan saya: 

Apakah ada tim yg bisa "membenahi" ejaan dan tulisan yg kurang baku sebelum diterbitkan di penerbit Andi?

Jawab :
apabila naskah sudah diterima, akan dikirimkan surat pemberitahuan bahwa akan ada surat perjanjian antara penulis dan pihak penerbitanlalu ada tim khusu seting, layout dari tim penerbit.


P6
Rosjida Ambawani - Ciamis

1. Apa kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku oleh penerbit mayor Andi Offset ?

2. Bagaimana jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset dan lesu pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?

Makasih
Jawab :
1. sangat bisa, tegantung tulisannya seseuai dengan kebutuhan pasar dan menari konsumen atau tidak, dan segmen pasar untuk kalangan pelajar untuk SD, SMP, SMA, PT
2.  ada tim marketing 90 cabang di Indonesia akan diteruskan markeing secara online aupun online dan memasukkan ke dalam pengadaan literasi perpustakaan untu sekolah dan daerah dan nasional. dengan batas kurun 2 tahun ada harga obral

P7
Bunda Latifah
Saya mau tanya..

1. Apakah yang sulit dalam menulis
2. Mohon diberikan contohnya
Jawab :
 kemalasan kita, bagaimana kita memanage waktu dan membuang rasa malas. 

P8
Farida Lisanti
Mohon izin bertanya pak Agus dan Bu Sita 🙏 saya sangat tertarik dengan iven yang akan direncanakan penerbita ANDI tentang lomba membuat film pendek bagi pelajar 👍
Bagaimana caranya agar dapat mendaftar? Adakah syarat ketentuannya? 
Terima kasih 🙏
Jawab :
akan dilaunching tenhag bulan mare, membuat film pendek 10 menit, tema bebas tidak ada unsur sara, diuat oleh para siswa yang ditunjuk oleh pihak sekolah.

P9
Assalmualaikum, selamat malam, perkenalkan nama saya Hasbi Aprizal, asal Sukabumi.

1.Bagaimana menyiasati penjualan buku agar Best seller?
2. Ketika sudah Best seller bagaimana caranya agar buku kita tidak di plagiat atau difotokopi dengan bebas?
Jawab :
1.tergantung buku jenisnya apa. buku pelajaran akan best seller, jika buku novel, haruspunya komunitas atau jaringan atau follower lebih dari 10ribu, dan akan di lakukan aktif selling memberi insentif kepada pramuniaga, dan diadakan pre order sebelum launching

2. ada suatu revisi selanjutnya, dengan adanya barcode, konetivitas dibuat video atau CD dengan kode barcode.

P10.
Assalamualaikum Bu Sita
Saya Eka Yulia dari Kab. Seruyan.
Pertanyaan: 
1. Strategi  pemasaran buku seperti  apa yang tepat bagi penulis pemula yang belum terkenal dan tidak memiliki pangsa pasar/ pembaca yang tetap?
2. Ketika terjadi ketidak sesuaian setelah buku dicetak, (misalnya masih terdapat typo, tanda baca tidak sesuai, penulisan nama yang salah) apakah penulis boleh meminta perbaikan kembali pada penerbit?
Jawab : 
1. tulislah buku yang sesuai dengan matei yang dikuasai, pasti akan memiliki pasar sendiri.
2. sebelum di ceak ada approve ke penulis, dan penulis mereview kembali dan approve kembali ke penerbit kemudian approve finel ke penulis dan kemudian cetak

P 11.
Imro'atus Sholihah_ MTsN 4 Jombang Jatim                                                            1. Saat ini banyak situs yang membagikan e-book gratis, bgmn pandangan bapak ttg hal ini terkait prospek pemasaran buku?
2. Setiap penerbit pasti memiliki idealisme tersendiri berkait syarat-syarat buku yang diterima dari penulis, bagaimana idealisme Andi offset?
3. Bagaimana prosedur penerbitan buku di PT. Andi?
Jawab :
1. tetap optimis, memasarkan secara cetak dan ebook digital


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menulislah Setiap Hari

Berprestasi Lewat Tulisan

Menulis Buku Mayor Dalam 2 Minggu